[Lainnya......]
Ela
Selamat siang...mohon maaf saya ingin menanyakan tentang diet utk pasien stem cell itu seperti apa ya?
14:44 12/11/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Diet untuk pasien stem cell (post procedure) bertujuan untuk menghindari inflamasi/peradangan sehingga perlu dihindari beberapa jenis makanan seperti bahan2 yang terbuat dari tepung terigu (roti, pasta, cookies, cake, krakers, dll); soda, minuman kemasan/berpemanis buatan (menggunakan aspartam, sukralos, termasuk gula tanpa kalori); processed food (nugget, sosis, dsb), upayakan makanan sealami mungkin; dan pembatasan produk susu. Disarankan lebih banyak konsumsi biji-bijian utuh (nasi, oat, olahan gandum), kacang-kacangan maupun biji-bijian, dan sayur + buah-buahan dalam bentuk apapun. Jangan lupa juga untuk menghitung kebutuhan energi pasien sebelum menyarankan dietnya :)
09:27 13/11/2017