[ASI & Menyusui]
rifka nugrahani
Untuk pemberian MPASI apakah boleh diberikan saat usia bayi baru menginjak 5 bulan? Karena ada beberapa info yg mengatakan bahwa pemberian MPASI bisa dilakukan ketika bayi berusia 5 bulan dg syarat bahawa bayi sudh mampu untuk menerima makanan, mampu merespon makanan yg diberikan
14:01 31/01/2020
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
hi kak rifka. alangka lebih baik MPASI diberikan usia 6 bulan
21:02 31/01/2020
Yussi Indrianningsih Amd.Gz ahligizi
hallo kak Rifka nugrahani saya bantu menjawab ya. untuk MPASI menurut kemetrian kesehatan baru boleh diberikan saat usia bayi menginjak 6 bulan dengan tekstur makanan lumat
21:03 31/01/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo sdkit mnmbhkan
Ketika MPASI diberikan terlalu dini, ada risiko yang bisa terjadi. Saluran cerna yang belum sempurna akan bekerja ekstra keras untuk mengolah makanan padat. Akibatnya, makanan tidak dapat dicerna dengan baik dan memicu munculnya gangguan pencernaan seperti sembelit.
Selain itu, sistem kekebalan usus bayi juga belum sempurna. Sehingga, enzim yang berfungsi melapisi protein makanan penyebab alergi belum cukup diproduksi. Akibatnya, protein yang masuk ke sel-sel usus justru merangsang reaksi alergi dan intoleransi.
MP-Asi diberikan tepat 6 bulan ya Bu.
Jika MP-Asi trlmbt diberikan juga akan berdmpak bayi akan kekurangan gizi mengingat setelah usia 7 bulan kebutuhan gizinya meningkat. Selain itu, perkembangan oromotornya akan terganggu sehingga membuatnya sulit makan.
"Kondisi ini juga akan makin membuat bayi kekurangan gizi. Kalau sudah begitu, selain rentan sakit, tumbuh kembang bayi pun jadi kurang optimal".
#Trmksih
07:55 10/08/2020