[Kehamilan]
anonim
Bagaimana jika ada ibu yg sebelum hamil mengalami KEK dan lada msa kehamilan juga KEK. Dampaknya seperti apa dan cara mengatasinya bagaimana ? Terimakasih
04:07 17/01/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Wanita usia subur yang mengalami risiko KEK dan berlanjut pada masa kehamilan dapat bendampak pada janin yang dikandungnya. Ibu yang memiliki risiko KEK (lingkar Lengan Atas <23.5 cm) memiliki candangan nutrisi yang rendah pada tubuhnya.
Sebagian besar ibu hamil biasanya mengalami kehilangan nasfu makan baik periode singkat maupun dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan mempengaruhi asupan ibu, yang akan menyebabkan sumber nutrisi untuk janin juga berkurang. Bila cadangan nutrisi ibu dalam tubuh cukup, maka janin akan mendapatkan nutrisi dari pembongkaran cadangan nutrisi yang dimiliki ibu.
Pada kasus ibu risiko KEK, cadangan energi sangat rendah sehingga kemungkinan janin akan kekurangan nutrisi. Oleh karena itu,janin tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal di dalam rahim Ibu. Jika hal itu terjadi dalam periode yang lama, maka bayi akan berisiko lahir dengan berat badan rendah.
Ibu yang mengalami risiko KEK harus menjaga asupannya selama hamil. Tingkatkan asupan zat gizi dengan cara menambah porsi makan. Ibu dianjurkan mengonsumsi makanan tambahan seperti biskuit/susu atau makanan lain yang mengandung padat gizi. Bila ada gangguan mual dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Selain itu hindari makanan yang dapat mengakibatkan rasa mual seperti makanan pedas, asam dan berlemak.
Semoga bermanfaat.:)
08:35 17/01/2018