[Lainnya......]
Pan Pani
Assalamualaikum
Saya Fani, saya memiliki tipe bb kurus ringan padahal saya makan banyak tapi tidak menambah berat badan, bagaimana cara menaikkan berat badan sesuai target? Terimaksih
12:18 04/02/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
waalaikumsalam, bisa dijelaskan secara spesifik berapa bb dan tb nya? terimakasih
20:12 04/02/2020
Pan Pani
Bb saya 44, TB saya 163
13:14 04/02/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
umur nya?
20:14 04/02/2020
Pan Pani
Umur saya 18 tahun
13:14 04/02/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
oke, berdasarkan perhitungan kebutuhan gizi, minimal jumlah asupan kalori per hari mu 1293 kalori, dan jumlah optimalnya 2005 kalori per hari, bisa di cek pada aplikasi dieteducate untuk lebih mudah memantau nya. nah kategori banyak makan nya di lihat dlu. normal nya pola makan dalam 1 hari adalah 3x makanan utama (pagi, siang, malam) dan 2 x selingan pada waktu mnjelang siang dan menjelang sore. konsumsi makanan dengan konsep gizi seimbang. artinya dalam 1 x waktu makan utama harus ada (makanan pokok sebagai sumber karbohidrat (nasi, mi, roti, kentang), lauk hewani sebagai sumber protein hewani dan lemak (ayam, ikan, telur, daging sapi/kambing), lauk nabati sebagai sumber protein nabati dan lemak (tahu, tempe), serta sayur dan buah sebagi sumber vitamin dan mineral. pembagian makanan pokok (nasi) dalam tiap waktu makan yaitu 1,5 centong di waktu pagi dan malam serta 2 centong di waktu siang. untuk lauk hewani ayam 1 ptg (50gr)/ikan 1ptg (75 gr)/daging sapi 1ptg (50gr), telur ayam 1 btr (bisa pilih salah satu). untuk lauk nabati tempe 1 ptg (50gr) dan tahu 1 bj bsr (100gr) (bisa pilih salah satu). untuk sayur 1 mangkok atau 75-100 gr, serta buah 100 gr (apel, pisang, jeruk). sementara untuk selingan nya bisa dengan konsumsi jus buah, puding, sandwich, dll yang bersifat sebagai cemilan/kudapan. hindari perilaku merangkap waktu makan (tidak makan pagi tapi makan siang porsinya ditambah). hindari begadang, lakukan aktivitas fisik min 30 menit per hari, pola tidur 8 jam per hari, serta hindari makanan berlemak jenuh tinggi (gorengan) serta makanan ringan berpengawet dan mngandung tinggi natrium (garam). terimakasih 😊
20:30 04/02/2020
Pan Pani
Izin bertanya, mi yg dimaksud itu mi bihun atau sebenernya mi instan juga termasuk apa tidak? Terimaksih
13:48 04/02/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
iya bisa mi instan yang terbuat dari terigu atau mi bihun yang terbuat dari beras
21:09 04/02/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
tapi khusus mi instan, batasi asupan nya, cukup 1 atau 2x per minggu ya
21:09 04/02/2020