[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Ananda fakhirah
Halo
Saya olahraga beban juga defisit kalori
Tetapi kenapa berat badan saya meningkat drastis yah?
Mulai meningkat drastis semenjak sebulanan ini saya mulai rutin lagi latihan angkat beban, tetapi bahkan saya makan di bawah kebutuhan kalori saya ( kalo dilogika saya harusnya turun sih bb soalnya kan olga angkat beban bakar kalori seharian kurang di tambah defisit kalorinya tersebut)
Mohon jawabannya kaka, terima kasih sebelumnya :)
14:55 04/02/2020
Fadhel muhammad A.Md.Gz ahligizi
halo kak ananda, terimakasih atas pertanyaannya. saya sarankan Kakak agar mengecek komposisi tubuh Kaka lebih mendalam dengan alat bio impandance analisis (BIA) agar dapat mengetahui berapa proporsi dari berat lemak, otot, tulang dll. kemungkinan dalam kasus ini ada dua hal kemungkinan ka ananda mengalami kenaikan massa otot tetapi lemak stabil atau terjadi kekeliruan dalam menimbang , untuk menimbang berat badan. terlalu fokus pada angka yg tertera di timbangan tanpa memperhatikan komposisi tubuh(otot,lemak,tulang). untuk olahraga nya harus tepat dalam hal intensitas, durasi, dan teknik. saya sarankan untuk program penurunan massa lemak maka lakukan latihan kardio dan latihan beban (perpaduan dari keduanya ya). yang terakhir, untuk defisit kalori sebelum kita tahu apakah sudah defisit kalori atau belum maka harus mengetahui kebutuhan kalori harian kita , kalo sudah tahu maka kurangi , kurangi perlahan dan bertahap awal kurang 200-300 kalori kalo sudah tidak turun kurangi sampai 400-500 kalori. semoga bermanfaat
10:53 29/05/2020