[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya mau tanya, pola makan sehari2 yang baik untuk menghilangkan lemak diarea perut sama paha itu gimana?
09:32 17/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui Ahli Gizi.id
Untuk menghilangkan lemak di area perut dan paha, dari segi pola makan yang perlu diperhatikan adalah mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dan pemilihan bahan makanan :
1. Mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dapat diketahui dengan menghitung kebutuhan energi tubuh melalui link : https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi #
Setelah mengetahui kebutuhan tubuh usahakan agar kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh tersebut dengan memerhatikan prinsip gizi seimbang. Hal ini perlu dilakukan karena apabila kita memakan makanan lebih dari kebutuhan maka, tubuh akan menyimpan kelebihan makanan tersebut dalam bentuk lemak. Lemak yang disimpan umumnya menumpuk di area yang berongga seperti perut.
2. Pemilihan bahan makanan sebaiknya dilakukan dengan :
a. Mengurangi asupan lemak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi makanan yang pengolahannya menggunakan banyak minyak/digoreng. Bisa diutamakan memilih makanan dengan metode pengolahan kukus,rebus, bakar, panggang atau yang lainnya.
b. Memperbanyak asupan serat. Asupan serat yang cukup mampu menyerap lemak tubuh. Serat banyak terdapat pada buah dan sayur. Meningkatkan frekuensi mengonsumsi buah dan sayur selain pada saat makan besar, dapat dilakukan dengan menjadikan buah/sayur sebagai cemilan.
Untuk mengurangi lemak pada bagian perut dan paha tentu pola makan tidak dapat ‘berdiri sendiri’. Olahraga juga perlu dirutinkan, utamanya yang dapat melatih otot perut dan paha, seperti melakukan peregangan sit-up, crunch, air-bicycle dan bentuk peregangan lainnya.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
15:25 18/01/2018