[Masalah Berat Badan]
anonim
saya sudah mahasiswa, tp berat badan cmn 40, gmna ya dok, cara nambah berat badan?
10:07 17/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui Ahli Gizi.id
Sebelum meningkatkan berat badan (BB), ketahui dulu bagaimana status gizi tubuh anda. Cara mengetahui status gizi adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT dapat dihitung melalui tautan https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi .
Apabila hasil perhitungan IMT menunjukkan status gizi normal maka BB dapat dipertahankan karena status gizi sudah optimal.
Untuk menaikkan berat badan yang perlu diperhatikan adalah energi yang masuk ke tubuh harus lebih banyak dari energi yang dikeluarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbanyak asupan makanan.
Asupan makanan diiperbanyak dengan memakan makanan yang banyak mengandung kalori (tinggi kalori) serta menambah frekuensi makan:
1. Makanan yang tinggi kalori bisa diperoleh dengan memberikan tambahan makanan berprotein atau gula misalnya susu kental manis, keju, selai coklat/kacang, telur, madu, pada makanan atau makanan ringan seperti kue, roti, pisang bakar atau snack lainnya.
2. Untuk menambah frekuensi makan dapat dicoba dengan menerapkan porsi kecil tapi sering (makan lebih sering dari biasanya namun porsi setiap kali makan kecil) atau dengan lebih sering ngemil. Pemilihan makanan ringan saat ngemil dapat diberi tambahan seperti contoh diatas agar menjadi makanan yang tinggi kalori.
Selain itu olahraga yang tepat juga akan membantu meningkatkan berat badan karena, dengan berolahraga akan meningkatkan massa otot sehingga berat badan dapat meningkat.
12:53 07/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Penjelasan lebih lengkap untuk menaikkan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Jawaban saya kirim dalam dua bagian agar tautan dapat ditampilkan dengan benar
Terima kasih, semoga bermanfaat.
12:53 07/02/2018