[Anak Sekolah & Remaja]
Kikin Buluatie
Saya ingin bertanya mengenai bagaimana cara menghilangkan rasa ngantuk ketika sedang dalam proses belajar.
10:27 17/01/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam Kikin,
Konsentrasi belajar dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya asupan gizi, pola tidur, lingkungan, juga minat belajar.
Kurangnya asupan gizi dapat menyebabkan rasa kantuk saat belajar. Rendahnya kadar glukosa dalam darah akibat dari kurang asupan (makan) menyebabkan pasokan glukosa dalam otak berkurang. Akibatnya seseorang akan sulit berkonsentrasi dan mengantuk.
Untuk dapat belajar dengan optimal, maka makanlah yg cukup sebelum belajar. Tetapi jangan berlebih ya, karena makan terlalu banyak pada saat mendekati waktu belajar memaksa aliran darah terfokus pada saluran pencernaan, biasanya juga akan berdampak pada rasa kantuk.
Selain itu, atur juga pola tidur Kikin, usahakan tidur/istirahat minimal 7 jam sehari. Tumbuhkan juga minat belajar pada mata pelajaran/kuliah yg dipelajari agar tidak bosan. Dan ciptakan lingkungan yg kondusif untuk belajar.
Semangat Belajar!
Semoga bermanfaat!:)
Semangat Belajar!
Semoga bermanfaat!:)
17:47 17/01/2018