[Masalah Berat Badan]
Febrian Kurniawati
Dok saya mau bertanya. Saya ada masalah dengan berat badan. Umur saya 18th jalan 19th. Tinggi badan saya 170 berat badan saya 75. Diet bagaimana yg cocok untuk seusia saya yya dok? Trimakasih
11:59 18/01/2018
Finda Sifti Dewi, S.Gz ahligizi
Hallo Kak Febrian
Dari perhitungan sesuai berat badan (BB) dan tinggi badan (TB), ternyata harus melakukan diet untuk menjadikan berat badan tetap idel dan sehat. Target berat badan ideal sesuai BB dan TB kak febrian adalah 63kg. Diet yang tepat adalah Diet Gizi Seimbang. Berikut saran pola makan dalam sehari yang saya berikan sesuai kebutuhan kak febrian 1780 kkal dengan pembulatan 1800 dengan perkiraan aktifitas fisik lebih banyak duduk :
1. makanan pokok (nasi/kentang/ubi dll): 4 porsi
2. sayur 3 porsi dan buah 3 porsi
3. lauk hewani (daging ayam/telur dll) : 2 porsi
4. lauk nabati (tempe/tahu) : 3 porsi
5. batasi konsumsi makanan yang asin, manis dan berlemak (maksimal 5 buah makanan yang digoreng dalam sehari)
6. minumlah air putih 8 gelas
untuk lebih lanjut memahami arti porsi makan dalam sehari dapat melihat di link ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
Ingat anjuran pola makan diet ini akan berbeda beda setiap orang karena sesuai usia, berat badan, tinggi badan, faktor stress dan aktifitas fisik.
Selain itu lakukan olahraga minimal 3x seminggu. Olahraga yang dimaksud, push up, plank, bersepeda, lari dll
Harapannya dapat menurunkan berat badan dengan sehat, karena diet ini memang penurunan berat badannya perlahan namun pasti. :)
Diet bukan berati tidak makan ya
Semoga Berhasil Diet Sehatnya :)
15:22 19/01/2018