[Anak Sekolah & Remaja]
Rosa Febyta
Untuk remaja seusia 18 tahun itu diet yang disarankan seperti apa? Tentunya yang tidak memicu kenaikan badan lagi setelah diet. Makasih
17:58 18/01/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam Rosa,
Remaja usia 18 tahun termasuk dalam kelompok usia peralihan anak2 menjadi remaja muda sampai dewasa (10-19 tahun). Kondisi penting yang berpengaruh terhadap kebutuhan zat gizi kelompok ini adalah pertumbuhan cepat, memasuki usia pubertas, menstruasi dan perhatian terhadap penampilan fisik citra tubuh (body image) pada remaja puteri. Dengan demikian perhitungan terhadap kebutuhan zat gizi pada kelompok ini harus memperhatikan kondisi-kondisi tersebut. Khusus pada remaja puteri, perhatian harus lebih ditekankan terhadap persiapan mereka sebelum
menikah.
Kebiasaan makan yang disarankan adalah:
1. Biasakan mengonsumsi beraneka ragam makanan.
Untuk memenuhi keseluruhan kebutuhan zat gizi remaja harus mengonsumsi makanan yg beragam (terdiri dari bahan makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah) dengan porsi yg cukup. Zat gizi yg sangat penting diperhatikan pada remaja putri adalah zat besi yang dapat dipenuhi dari sumber lauk hewani (paling optimal).
2. Perbanyak makan sayuran hijau dan buah-buahan.
Kelompok makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik sebagai sember anti oksidan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar.
3. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.
Cairan sangat diperlukan untuk mengatur metabolisme tubuh.
4. Imbangi dengan aktifitas/olahraga secara teratur.
Jadi, jika Rosa ingin tetap sehat, jangan malas utk makan beragam termasuk sayur dan buah, minum yg cukup dan olahraga yg teratur ya!
Bagaimana, masih ada yg ingin ditanyakan?
Semoga bermanfaat. :)
22:44 18/01/2018