[Diet Diabetes Mellitus]
mukhlis bahrudin
Bagaimana diit dm?
01:06 14/02/2020
Widya nurmala dewi ahligizi
Diabetes melitus (kencing manis) yaitu terjadi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh diatas normal (normal >200 mg/dl Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan serta aktifitas fisik yang cukup. pengaturan makan untuk DM yang perlu diperhatikan adalah makan sesuai dengan 3 J ( jadwal, jumlah dan jenis) 1. jadwal jadwal makan untuk penderita DM harus teratur, 3x makan dan 2x selingan. contoh jadwal -makan pagi 07.00 -selingan 9.00 -makan siang 12.00 -selingan 15.00 -makan malam 18.00 2. jumlah jumlah porsi disesuaikan dengan kebutuhan energi tubuh dengan mempertimbangakan kondisi fisik, usia, serta kondisi kesehatan. 3. Jenis memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. - membatasi (boleh dikonsumsi tapi porsi kecil) penggunaan karbohidrat seperti nasi, roti, mie,kentang, singkong, ubi, jagung. -Menghindari makanan tinggi lemak : kulit ayam, gajih, jeroan, keju, susu full cream. -menghindari makanan/ minuman manis : susu kental manis, soft drink, es krim, gula pasir, gula merah, kue manis, sirup, dodol, coklat, permen. - makanan lebih baik diolah dengan cara di rebus, di kukus, dipanggang/dibakar. jangan lupa untuk cek kadar gula secara teratur.
18:08 14/02/2020