[Diet Diabetes Mellitus]
Mutmainna Sattar
Dok, mau nanya, tante saya menderita DM dan beliau sempat d rawat d RS karena GDnya naik, dan beliau memiliki luka (bonyok) d bagian kedua punggung kaki selama di rawat beliau diberi suntikan insulin sampai beliau keluar dri RS masih d beri suntikan insulin n selama d suntik kedua lengan dan kaki hingga betis terasa gatal dan wajah memerah gejala ini muncul ketika diberi insulin dan selama ini (sebelum diberi insulin) beliau mngkonsumsi obat gula dan tdak terjadi hal demikian,, apakah ini disebabkan karena insulin atau d sebabkan oleh faktor makanan? Dan jenis diet apa yg tepat untuk penderita DM? Mhon penjelasannya....
12:26 21/01/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Selamat Pagi, Mba..
Apakah tante mba mengalami perubahan pola makan setelah disuntik insulin? misalnya ada tambahan/pengurangan jenis makanan tertentu? jika tidak, kemungkinan besar tdk karena makanan, bs jadi gejala tsb merupakan respon tubuh. Untuk bahaya/tidaknya bs ditanyakan ke dr yg menangani :)
Prinsip diet untuk diabetes adalah 3J (Jam, jenis, jumlah), artinya jam-nya hrs selalu dikontrol dengan jumlah porsi kecil tp sering untuk menghindari hiperglikemia, bisa dibagi menjadi 3x meal 3x snack dalam satu hari), berkaitan dg itu jg jenisnya perlu diperhatikan, artinya lbh memilih karbohidrat kompleks (nasi, umbi-umbian, mi, dll) instead of karbohidrat sederhana (gula, minuman manis, cake, roti, dll)- makannan jg harus lengkap karbo dan proteinnya ya...
Untuk lebih lengkapnya bisa di baca disini ya mba
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/3/terbaru_terpopuler/Diet-Diabetes-Mellitus
Semoga membantu,
stay healthy! :)
10:53 08/02/2018