[Masalah Berat Badan]
agustin mr
Selamat siang, saya ingin bertanya bagaimana cara agar berat badan bisa naik
05:03 16/02/2020
Uswatun Khasanah, A.Md.Gz. ahligizi
Halo Agustin mr,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi gizi.
Sebelum mengetahui informasi tentang cara menaikkan berat badan, ada baiknya untuk mengetahui apakah berat badan Anda memang di bawah berat badan normal atau tidak dengan menggunakan metode perhitungan indeks massa tubuh. Indeks Masa Tubuh = Berat badan (kg) / tinggi badan (m) kuadrat
atau bisa dihitung dengan kalkulator gizi di http://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi .
Kemudian cari tahu apa sebenarnya penyebab badan kurus. Hal yang dapat menyebabkan badan kurus adalah adanya masalah yang terdapat pada sistem metabolisme tubuh, misalnya gangguan penyerapan zat gizi pada saluran pencernaan. Ini ada cara-cara menaikkan berat badan yang disarankan.
1. Makanlah sesering mungkin namun dalam porsi kecil. Naikkan frekuensi makan, jika semula makan 3 kali sehari maka buatlah menjadi 5-6kali sehari. Karena lebih baik mengkonsumsi 6 kali makanan dalam porsi kecil dalam sehari dibandingkan dengan 3 kali makan dalam porsi besar.
2. Meningkatkan asupan kalori. Namun pastikan untuk meningkatkan asupan kalori dengan jenis makanan yang tepat. Dapat dilakukan secara bertahap mungkin dengan menaikkan sejumlah 300kkalori/hari kemudian menjadi 500kkalori/hari.
3. Perbanyak minum air putih. Pastikan kamu cukup mengonsumsi air putih paling tidak 8 gelas/hari, ini bisa membantumu menjaga kesehatan tubuh serta proses pencernaan tubuh akan semakin membaik sehingga dapat menyerap gizi makanan secara sempurna.
4. Latihlah Kekuatan Otot. Jangan lupa, setelah berolahraga/latihan, pastikan makan yang cukup untuk mengganti yang telah dikeluarkan. Berolahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan loh.
Lebih lanjut bisa dikonsultasikan dengan ahli gizi secara langsung yaa. Semoga membantu.
11:03 16/02/2020
agustin mr
Untuk IMT aku normal kak. Okey makasih ya kak sarannya
11:08 16/02/2020