[Lainnya......]
anonim
Bagaimana penatalaksanaan diet pada penderita hipotiroid??
20:52 22/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.id
Hipotiroidisme/hipotirid adalah kondisi rendahnya hormon tiroid dalam tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal seperti faktor umur (usia diatas 60 tahun semakin beresiko), jenis kelamin (perempuan lebih beresiko), genetik, merokok, stress, riwayat penyakit turunan, asupan iodium yang kurang, penggunaan obat-obatan yang dapat menyebabkan penyakit tiroid dan lingkungan (kadar iodium dalam air kurang).
Kondisi ini dapat menyebabkan metabolisme tubuh (proses metabolik) secara umum menurun. Hal ini dapat menyebabkan kondisi GAKI/Gangguan akibat Kekurangan Iodium (yang dapat memengaruhi tumbuh kembang anak atau janin) dan gondok/goiter pada orang dewasa.
Pengaturan makan/diet yang diperlukan pada kondisi hipotiroid adalah dengan penerapan prinsip gizi seimbang dan disertai pemberian/penambahan iodium yang cukup pada setiap makanan. Hal ini dapat dilakukan dengan :
1. Memastikan garam yang digunakan mengandung iodium minimal 30 ppm iodium;dapat dilihat pada kemasan. (Garam beryodium harus mengandung iodium berkisar 30 – 80 ppm)
2. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan iodum. Makanan yang banyak mengandung iodium adalah makanan hasil laut seperti ikan, udang, kerang dan ganggang laut.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
00:11 29/01/2018