[Masalah Berat Badan]
Fita Fatmawati
Selamat siang, maaf kak saya mau tanya, kenapa berat badan saya semakin kesini semakin turun, dan susah buat naik lagi, awalnya 40 ke atas sekarang 40 pas, buat menuju 41 aja susah banget, kenapa yah kak?
05:40 16/02/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Selamat Siang kak Fita, terimakasih sudah konsultasi dengan dieducate. Bagaimana kondisi kakak saat ini apakah sudah mengalami kenaikan berat badan?
Bila ingin melakukan pengaturan makan untuk menaikkan berat badan, kami perlu mengetahui beberapa data dari kak Fita :
1. Berapa berat badan, tinggi badan dan umur kakak sekarang?
2. Jelaskan secara singkat aktivitas kakak dalam sehari? misalnya bekerja kantoran.
3. Olahraga apakah yang kakak lakukan secara rutin? misalnya senam 1x/mgg
4. Ceritakan secara singkat kebiasaan makan kakak dan porsinya dalam sehari
5. Apakah kakak mempunyai penyakit tertentu?
Mohon dijawab agar saran pengaturan makan dari saya sesuai dengan kondisi kakak.
Semoga membantu ya kak Fita, terimakasih :)
21:57 07/07/2020
Fita Fatmawati
1. BB saya 40 kadang 39, Tb 157, umur 19 tahun. 2. Aktivitas saya cuma ke kampus ka. 3. Saya jarang olahraga ka, karena ngelakuin pekerjaan rumah menurut saya olahraga ringan. 4. Kebiasaan makan saya sehari" itu kadang satu kali sehari, tapi saya sering ngemil, bahkan saya sering mengonsumsi makanan yg kalorinya tinggi, misal seblak dan yg lain" gitu ka. 5. Kalo penyakit alhamdulillah saya tidak punya ka
03:31 08/07/2020
Terimakasih sudah bersedia menjawab pertanyaan dari kami. Kami mengapresiasi keinginan kak Fita untuk mencari informasi tentang perbaikan berat badan ke arah normal.
Untuk indeks massa tubuh kakak, tergolong kurus, BB normal antara 46 kg - 56 kg. Perlu diketahui dahulu, kesungguhan Kak Fita dan kekonsistenan merupakan KUNCI agar program kenaikan berat badan Kak Fita dapat berhasil. Tidak ada proses kenaikan/penurunan BB yang sifatnya instan, karena ini merupakan proses merubah kebiasaan makan kakak.
Untuk tahap pertama, target kenaikan berat badan hanya sekitar 1-2 kg/bln. tidak dianjurkan kenaikan BB secara drastis karena dapat menimbulkan masalah kesehatan.
Dari assesment, kakak perlu mengubah kebiasaan dengan makan secara rutin 3x makan utama, 3x makan selingan. Perbaiki dulu frekuensi makan dalam 1 bulan ini. Untuk makan seblak, ngemil dll tidak dianjurkan sebagai pengganti makan. Cemilan dapat diganti makanan yg padat kalori di waktu makan selingan seperti : susu, bubur kacang hijau, pempek, arem-arem. Tidak dianjurkan cemilan snack, ciki.
Kalori kebutuhan kakak sebesar 2000 kkal, sehingga bila diterjemahkan yaitu
Makan pagi Nasi 1,5 centong 150 gram, telur dadar 1+ tempe mendoan 1 potong, sayur pecel, buah pisang
Selingan Pagi : roti keju 1 potong
Makan siang : Nasi 1,5 centong nasi 150 gr, ikan kakap asam manis 1 potong+ tempe goreng +sup buncis wortel bakso 1 mangkok + jus buah jambu
Selingan sore : susu 1 gelas (susu boleh full cream/skim)
Makan malam : Nasi 1,5 centong 150 gr, lauk ayam goreng 1 ptg+tempe bacem 1 potong, sayur asem+kacang tanah 1 mangkok, buah pisang 1 buah
Berikut contoh menu dan porsi makan untuk kakak. Jangan lupa minum cukup 1,5 liter setiap hari, istirahat cukup 7-8 jam hindari begadang, dan hindari stress/banyak pikiran, meditasi merupakan kunci agar pikiran lebih tenang.
Bagaimana kak Fita, apakah sudah paham? Saya berharap bisa mengetahui perkembangan kenaikan berat badan kak Fita.
Semoga membantu ya :)
14:23 08/07/2020
Fita Fatmawati
Tapi saya kalo habis makan bahkan sering muntah ka itu gimana ya ka?
14:55 08/07/2020
Baik, Apakah kakak punya riwayat sakit maag, perut sering perih saat kosong, mual dipagi hari sebelum makan dan masih berlangsung hingga sekarang? Bila masih, konsultasikan kondisi kesehatan Kakak ke dokter ya agar kakak tahu persis masalah kesehatan kakak sehingga bisa memulai program kenaikan berat badan.
Saran saya perbaiki dahulu kondisi pencernaan nya karena pencernaan yang sehat adalah kunci untuk memproses makanan dengan baik. Kakak bisa membaca bagaimana pengaturan dan pantangan makan untuk penderita asam lambung di sini ya https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/
Semoga membantu :)
15:08 08/07/2020
Fita Fatmawati
Saya ngerasa sering mual setelah makan itu baru" ini ka, oke ka makasih bantuannya
15:35 08/07/2020
Halo kak Fita, bagaimana progresnya, apakah sudah ada perubahan berat badan?
12:56 30/07/2020
Fita Fatmawati
Hallo ka, sejauh ini alhamdulillah ada perubahan, peningkatannya cuma sedikit yang awalnya dari 39 sekarang 42 kg ka, tapi ya aku bersyukur ada peningkatan sedikit
14:26 30/07/2020
Fita Fatmawati
Oh iya kak, apa dengan minum susu dancaw dicampur sama energin itu bisa meningkatkan berat badan? Kalo di rutinkan minum 2 minggu berturut turut, sebelum tidur?
14:27 30/07/2020
Bila sudah mengikuti anjuran dan bisa naik lebih dr 2kg, sudah bagus sekali kak. target bulan 1 baru perubahan frekuensi makan lebih sering. susu dancow putih kalori 120kal, lemak 6gr protein 5gr, energen kalorinya 130 kal lemak 3,5gr protein 1gr gula 18gr. kalo diminum dlm 250 ml akan kelebihan di gula kak sehingga kurang baik. saran nya: susu pagi dan sblm tidur atau energen pagi, susu sblm tidur.
14:36 30/07/2020
Fita Fatmawati
Tapi saya mengonsumsi itu jarang" setiap mau tidur ka, tapi besok paginya itu ngaruh banget, jadi cepet lapar gitu ka, tapi efeknya kalo aku minum energen + dancow itu sehari ngga bisa Bab ka, itu baik ngga ka?
14:39 30/07/2020
ngaruh karna 250 kal sblm tidur jadi kesimpen di tubuh terutama di bagian perut hehe... dancow mengandung kalsium, biasanya kalo belum bisa BAB setelah konsumsi susu, karena kurang sayur/buah atau air putih. saran : coba diatur lagi sayurannya, sudah ada dlm menu makan pagi, siang, sore atau blm, dan berapa porsinya. agak ribet ya kak, tapi memang ini pola makan yg dianjurkan untuk kesehatan jangka panjang
14:45 30/07/2020
Fita Fatmawati
Kalo misalkan yah ka, saya ganti selingan nya itu dengan makanan yang tinggi kalori, apa saya harus mengurangi kalori di makanan yang selanjutnya aku makan?
15:15 30/07/2020
Fita Fatmawati
Kebetulan saya mahasiswi gizi ka, tapi gara" kuliah onli jadi ilmu nya barlen???? terus mau minta rekomendasi buku" bermanfaat untuk mahasiswa gizi semester mulai atas ka,????
15:17 30/07/2020
tergantung targetnya kak. kalo mau menaikkan bb, kelebihan 500 kal masih tdk apa2. biasanya buku di rekomendasikan sama dosen kak, yg dipake apa biar 1 frekuensi, aku malah lulusan lama, jadi kurang tau update buku terbaru :) sukses ya.
15:29 30/07/2020
Fita Fatmawati
Oh iya kak, apa faktor gen juga bisa mempengaruhi kalo berat badan susah naik? Terimakasih banyak ka
15:47 30/07/2020