[Anak Sekolah & Remaja]
yemima oktavia
siang.
saya hendak bertanya-tanya sehubungan untuk tugas skripsi saya yang bersangkutan dengan peran sayur untuk anak-anak (khususnya sd)
berikut merupakan pertanyaannya
1. Sayur apa saja yang paling baik untuk anak-anak? dan apa saja fungsinya ya?
2. Adakah resep olahan makanan sehingga anak-anak menjadi suka sayur?
Terima kasih. Jawaban anda sangat berarti untuk saya.
13:51 23/01/2018
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Selamat sore mba Yemima. Terimakasih sudah bertanya di ahligizi.id.
1. Perlu diketahui bahwa tidak ada makanan yang terbaik. Maksudnya, tidak ada satu jenis makanan yang bisa mencukupi semua kebutuhan gizi seseorang. Pada masa kanak-kanak, banyak zat gizi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatannya. Dengan demikian, dibutuhkan makanan yang bervariasi agar kebutuhan zat gizi anak terpenuhi dari variasi makanan tersebut. Disarankan untuk mengonsumsi sayur yang beranekaragam dan beraneka warna. Untuk anak berkebutuhan gizi khusus, mungkin kelompok sayuran tertentu bisa dianjurkan untuk dikonsumsi lebih tinggi atau sering daripada jenis sayur yang lainnya. Misalnya anak yang kekurangan zat besi (anemia) dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran berwarna hijau seperti bayam. Anak yang kekurangan vitamin A, disarankan untuk mengonsumsi sayuran berwarna jingga lebih tinggi karena kandungan beta-karotennya. Saat ini, kurang vitamin A (KVA) pada anak di Indonesia masih menjadi permasalahan yang perlu ditangani. Salah satu efek dari KVA adalah rabun senja. Terkait tugas skripsi Anda, kami sarankan untuk mengambil tema spesifik konsumsi sayur untuk anak yang membutuhkan zat gizi tertentu, sesuai dengan minat anda (seperti yang dijelaskan di atas. Misalnya, jika tertarik untuk menangani masalah KVA pada anak-anak, maka sayuran berwarna jingga seperti wortel adalah opsi yang baik untuk diteliti). Selain itu, kita juga tahu bahwa konsumsi sayuran hijau pada anak SD masih rendah karena rasanya kurang diminati (pahit). Dengan demikian, hal ini bisa juga menjadi opsi untuk dijadikan topik skripsi Anda.
Sayur memiliki banyak manfaat di antaranya mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sayur juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko sakit pada anak. Selain itu, sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berguna untuk tumbuh kembang anak.
2. Sayur dapat diolah menjadi berbagai jenis kudapan atau masakan. Pengolahan dapat meningkatkan cita rasa pada sayur. Selain itu, penambahan zat gizi lainnya dalam olahan sayur tertentu dapat meningkatkan penyerapan zat gizinya. Misalnya penambahan lemak dan vitamin C dapat meningkatkan penyerapan vitamin A (beta karoten). Pengolahan sayuran untuk lenih dapat diterima oleh anak-anak bisa dilakukan seperti pembuatan nugget sayur, keripik sayur, mie sayur, stick sayur, jus sayur, dan sebagainya.
Semoga bermanfaat :)
16:59 26/01/2018