[Kehamilan]
Susan Ang
Halo dokter..mohon bantuannya untuk program kehamilan pasutri harus melakukan pola hidup yang bagaimana ya dok..serta pantangan apa yang harus dihindari...dan konsumsi makanan apa yg dianjurkan dok...mohon jawabannya dok terimakasih
23:46 24/01/2018
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Selamat pagi,
Terimakasih sudah bertanya di ahligizi.id
Pola hidup yang sehat sangat penting bagi ibu yang ingin merencanakan program hamil (promil). Ibu bisa melakukan olahraga rutin seperti yoga untuk fertilitas. Tidur teratur dan kurangi stres baik untuk mengurangi risiko anemia dan baik untuk perkembangan sel telur. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah kafein, makanan berlemak, dan tinggi karbohidrat (seperti gula). Tingkatkan konsumsi makanan sehat, seimbang (porsi dan komposisinya). Ibu dan suami juga bisa meningkatkan konsumsi makanan yv mengandung vitamin E seperti taoge, kacang-kacangan untuk meningkatkan kualitas sel telur dan sel sperma. Vitamin E merupakan antioksidan yang baik sehingga bisa mengurangi risiko kerusakan sel telur dan sperma. Tingkatkan juga konsumsi asam folat bahkan sebelum hamil.
Semoga berhasil.
09:09 25/01/2018