[ASI & Menyusui]
Enggar Purbandari
Assalamu'alaikum dok..saya mau tanya mengenai MP-ASI DINI..Apakah MP-ASI DINI sama saja dengan ASI TIDAK EKSKLUSIF? Makanan dan minuman selain ASI yang diberikan kepada bayi usia dibawah 6 bulan itu termasuk MP-ASI DINI atau bukan? Atau hanya makanan yang diberikan kepada bayi usia dibawah 6 bulan itu termasuk MP-ASI DINI? Terima kasih
11:50 25/01/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam Enggar,
ASI eksklusif adalah pemberian asi saja tanpa tambahan makanan atau minuman lain kecuali vitamin atau obat-obatan kepada bayi dari usia baru lahir hingga usia 6 bulan. Sedangkan MP-ASI adalah makanan pendamping ASI yang diberikan kepada bayi setelah usia 6 bulan.
Bayi yang diberikan makanan selain ASI sebelum usianya genap 6 bulan, tidak dapat dikategorikan sebagai ASI eksklusif. Pemberian makanan pendamping ASI sebelum usia mencapai 6 bulan biasanya disebut sebagai MP-ASI dini.
Sekian, semoga bermanfaat. :)
Salam sehat. :)
20:55 25/01/2018
Enggar Purbandari
Terima kasih atas jawabannya dok..membantu sekali untuk penyusunan skripsi saya..maaf dok saya mau tanya lagi.. apakah pemberian susu formula kepada bayi berusia dibawah 6 bulan termasuk pemberian MP-ASI dini? Atau MP-ASI dini hanya untuk kategori makanan saja yang diberikan kepada bayi usia dibawah 6 bulan seperti pisang?
11:31 12/02/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
perkenalkan saya Iqbal.
yang dimaksud dengan pemberian MPASI dini adalah pemberian makanan sebelum usia selesai masa ASI ekslusif yaitu 6 bulan. Jadi pemberian buah, sayur sebelum 6 bulan dikategorikan sebagai pemberian MPASI dini.
Sedangkan pemberian susu formula sebelum 6 bulan tidak termasuk pemberian MPASI dini. Hanya saja pemberian susu formula membatalkan program ASI eksklusif.
Semoga membantu :-)
00:30 01/03/2018