[Bayi & Balita]
Ashri Kurnia Hayati
Anak saya 9 bulan 4 hari makan nya agak susah masih pengen yg halus kadang agak encer.
Bb 7kg tinggi 67
Apa ini normal?
13:13 20/02/2020
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
Haloo Asri. Terimakasih sudah berbagi cerita dengan Dietducate. Berdasarkan tinggi badan dan berat badan serta umur anak anda tergolong normal. apabila anak anda laki2 tergolong normal mendekati kurus. pasti anda khawatir krena anak anda susah makan dan takut bila berat badan turun. anak lebihbsuka makanan cair itu wajar karena selama 6 bulan hanya cairan yg di konsumi apalagi bila pemberian ASI atau susu diberikan dengan botol. anak tidak terbiasa dengan berjuang menghisap / mengunyah anak sudah bisa kenyang. apakah itu bagus? . tentu tidak. organ pencernaan bisa saja kaget bila mendapat tekstur baru karena sudah terlalu lama manja. makadari itu mumpung masih 9 bulan biasakan anak makan dengan tekstur lumat bukan bubur saring. bagaimana bila anak hanya mau makan 2 sdk. sabar berikan lagi 2 sndk lagi setelah beberapa saat atau sela 1 jam. sebaikmya bangun pola makan yang rutin tiap hari sekitar jam berapa kira2 anak mau makan dan kapan watu tidur. apabila mendekati waktu tudur berikan ASI biarkan anak anda menghisap sampai melepaskan sendiri. karen Kandungan ASI awal dan akhir itu berbeda. prinsip pemberian maknan balita saat ini yaitu sebaiknya mengandung 4 bintang (karbohidrat, lauk hewani, lauk nabati atau kacang2an dan buah /sayur). sudah bukan era nya bayi hanya diberi makanan tunggal seperti pisang keruk atau pepaya blender. semoga anak anda selalu memiliki gizi yang baik dan perkembangan yg signifikan
20:44 20/02/2020
Juwita Kulsum,S.Gz ahligizi
selamat malam ibu ashri, usia 9 Bulan harusnya sudah mengenal makanan dengan tekstur yg kasar, dicoba perlahan menaikkan teksturnya ya bu, Dan Coba dibawa ke klinik tumbuh kembang utk kemungkinan diperlukannya feeding therapy
20:45 20/02/2020