[Masalah Berat Badan]
anonim
Bagaimana cara menurunkan berat badan ideal dengan cara sehat ?
13:25 25/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui Ahli Gizi.id
Sebelum menurunkan berat badan (BB), ketahui dulu bagaimana status gizi tubuh anda. Cara mengetahui status gizi adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT dapat dihitung melalui tautan https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi
Apabila hasil perhitungan IMT menunjukkan status gizi normal maka BB dapat dipertahankan karena status gizi sudah optimal.
Untuk mengurangi berat badan, yang perlu diperhatikan adalah energi yang dikeluarkan tubuh harus lebih banyak dari energi yang masuk.
Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan aktifitas tubuh serta mengonsumsi makanan yang cukup dengan kebutuhan tubuh :
1. Meningkatkan aktifitas tubuh dapat dilakukan dengan olahraga sehingga energi akan terbakar. Olaharaga sebaiknya dilakukan secara rutin dan dapat ditingkatkan secara bertahap durasinya.
2. Mengonsumsi makanan yang cukup dengan kebutuhan tubuh. Dalam menurunkan berat badan, tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi dasar tubuh (menjalankan fungsi organ tubuh, metabolisme). Sehingga, makanan yang dimakan tidak boleh menjadi sangat sedikit hanya dengan tujuan mengurangi energi yang masuk. Hal ini dapat mengganggu tercukupinya kebutuhan dasar tubuh. Ketahui kebutuhan energi tubuh anda pada Kalkulator Gizi bagian Kebutuhan Energi.
Dalam mengonsumsi makanan juga perlu diperhatikan :
c. Mengurangi asupan kalori dengan mengurangi porsi makan secara bertahap.
d. Mengurangi ngemil makanan, utamanya makanan yang banyak mengandung kalori atau protein (makanan manis, olahan susu/keju). Camilan dapat diganti dengan olahan buah dan sayur yang banyak mengandung serat.
13:32 07/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Penjelasan lebih lengkap untuk menurunkan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Jawaban saya kirimkan dalam dua bagian agar tautan dapat ditampilkan dengan benar
Terima kasih, semoga bermanfaat.
12:42 07/02/2018