[Lainnya......]
Putri mutmainnah
Bgaimana cara agar hormon progesteron meningkat dan bisa melancarkan siklus menstruasi
05:05 21/02/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
Terima kasih atas pertanyaannya Putri Muthmainnah. Siklus menstruasi normal dipengaruhi oleh kerja hormon reproduksi yaitu esterogen, progesteron, FSH, dan LH; dimana hormon tersebut merupakan hormon lipid yang proses produksinya membutuhkan asupan lemak yang cukup. Oleh karena itu, dibutuhkan status gizi yang baik (berat badan tdk terlalu kurus/ obesitas) supaya siklus menstruasi normal. Selain itu, stres dapat menghambat pengeluaran hormon reproduksi. Sehingga untuk menjaga menstruasi lancar dibutuhkan asupan gizi seimbang (sesuai piring makanku, anjuran dari Kemenkes) dan menjauhkan diri dari stres. Terima kasih
21:47 20/07/2020