[Masalah Berat Badan]
Faris Balya
Saya ingin menurunkan berat badan saya dok, saya berusia 21tahun, memiliki berat badan 80kg dan tinggi badan 171, dan dengan perut yang berglembir, saya mohon saran nya dok, terimakasih
23:30 25/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Hai Faris, terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.id
Dari data berat & tinggi badan, kondisi status gizi Faris adalah gemuk (nilai IMT 27,3) sehingga berat badan perlu diturunkan agar status gizi dapat optimal. Perut yang bergelambir umumnya disebabkan karena adanya penumpukan lemak tubuh di area yang berongga seperti perut. Penurunan berat badan dengan cara yang tepat akan mengoptimalkan status gizi serta dapat mengecilkan perut.
Untuk mengurangi berat badan, yang perlu diperhatikan adalah energi yang dikeluarkan tubuh harus lebih banyak dari energi yang masuk.
Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan aktifitas tubuh dan atau mengurangi asupan makanan :
1. Meningkatkan aktifitas tubuh dapat dilakukan dengan olahraga sehingga energi akan terbakar. Olaharaga sebaiknya dilakukan secara rutin dan dapat ditingkatkan secara bertahap durasinya. Olahraga dapat diutamakan yang melatih otot perut seperti melakukan gerakan sit-up, crunch dan bentuk peregangan lainnya.
2. Mengurangi asupan makanan tidak boleh dilakukan langsung dalam jumlah banyak. Perlu diingat makanan yang kita konsumsi harus mampu mencukupi kebutuhan dasar tubuh.
Dalam menurunkan berat badan, tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi dasar tubuh (menjalankan fungsi organ tubuh, metabolisme). Sehingga, makanan yang dimakan tidak boleh menjadi sangat sedikit hanya dengan tujuan mengurangi energi yang masuk. Hal ini dapat mengganggu tercukupinya kebutuhan dasar tubuh. Ketahui kebutuhan energi tubuh anda pada Kalkulator Gizi bagian Kebutuhan Energi.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan makanan untuk menurunkan berat badan :
1. Mengurangi asupan kalori dengan mengurangi porsi makan secara bertahap. Contoh : mengurangi 100 kkal terlebih dahulu selama 2-4 minggu. 100 kkal sama dengan = 3/4 centong nasi atau satu setengah butir telur atau dua potong daging/ikan atau dua potong tahu/tempe). Demikian seterusnya dan dapat ditingkatkan pengurangan kalori hingga status gizi optimal.
2. Mengurangi ngemil makanan yang banyak mengandung kalori/karbohidrat saja (makanan manis, makanan ringan, coklat, susu kental manis). Camilan dapat diganti dengan olahan buah dan sayur yang banyak mengandung serat.
3. Mengurangi asupan lemak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi makanan atau jajanan yang pengolahannya menggunakan banyak minyak/digoreng. Bisa diutamakan memilih makanan atau jajanan dengan metode pengolahan kukus,rebus, bakar, panggang atau yang lainnya.
Penjelasan lebih lengkap untuk menurunkan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
14:49 07/02/2018