[Diet Asam Urat]
Orlyn Rosaf
Makanan apa saja yg dapat menaikkan asam urat
06:39 27/02/2020
Mustika Wulandary, S.Gz ahligizi
Hallo kak 😊
makanan yg dpt menaikkan asam urat adl makanan yg tinggi purin, seperti
1.Jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.
2.Makanan laut /seafood
harap dibatasi konsumsinya, dan dirubah cara memasaknyaa, contohnya kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting. boleh sesekali disarankan memasaknya dengan dipepes atau direbus dlm bentuk sup
3.Sayuran
Ada beberapa sayuran yg memiliki kadar purin tinggi, yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, menurut penelitian, mengonsumsi purin yg berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, artinya risiko terkena gout atau serangan ulangannya tidak meningkat. tp ttp disarankan utk tetap membatasi jumlah yg masuk ke dalam tubuh.
4.Minuman beralkohol
Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yg tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dlm darah. . Selain itu, jg bs menyebabkan dehidrasi yg akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi.
Selain dr makanan juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, misalnya rutin berolahraga, konsumsi gizi seimbang, istirahat cukup.
Produksi asam urat bisa naik jika mengalami kelebihan berat badan, dan olahraga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. olahraga yg dilakukan secara rutin bisa menjaga produksi asam urat agar tetap stabil. Penderita asam urat tinggi disarankan utk memperbanyak minum air putih utk membantu proses pengeluaran asam urat melalui urine.
semoga bermanfaat ya kak 😊
14:05 27/02/2020