[Masalah Berat Badan]
Della Lusnita
Saya 19 tahun, 2 bulan lagi 20 tahun. Saya mahasiswi kedokteran tahun pertama. BB 34 kg dengan TB 158. Makan saya sudah banyak, tapi karena aktivitas perkuliahan tidak tetap yang membuat saya tidak mempunyai pola makan yang teratur. Ditambah saya juga tidak punya pola tidur yang teratur. Namun haid saya normal setiap bulannya. Bagaimana cara saya menaikkan berat badan minimal IMT saya tidak terlalu rendah? Dan apakah sayah harus pergi ke spesialis gizi untuk melakukan diet khusus? Terima kasih.
10:41 10/03/2020
Chynthia Wulan Gusti, S. Gz ahligizi
halo kak della, terima kasih sudah bertanya di dietducate. ada beberapa hal yang perlu dikontrol saat ingin menaikkan berat badan : 1. kalori makan harus lebih banyak, namun perhatikan quality di samping quantity. sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi makanan sumber protein hewani, usahakan setiap makan selalu ada. tambah minum susu bubuk full cream setiap hari. usahakan makan camilan di antara jam makan, boleh makan apa saja. usahakan makan teratur agar metabolisme tubuh tidak kacau sehingga proses menaikkan berat badan tidak terhambat. 2. jika berat badan sangat susah untuk naik, perlu diperiksakan dulu, siapa tahu ada gejala lain yang menghambat naiknya berat badan. 3. lakukan olahraga yang strength, seperti yoga, gym, body building.
10:00 11/03/2020