[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Luisa Elfadl
Dok..saya mau tanya. Katanya cokelat itu bisa bikin stress dan resah dihati ilang. Sebenarnya apa sih dok kandungan coklat yg bisa bikin kaya gitu? Terus ini ada produk cokelat tempe,jadi cokelat dalemnya ada tempenya. Kalo cokelat sama tempe itu bagus ngga dok?
Mohon jawabannya..makasih..
09:41 08/02/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo dear,
Yup! benar sekali bahwa cokelat bisa nurunin stress karena kandungan polifenolnya.. Beberapa studi membuktikan cokelat dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dan endorfin, which releases stress. Tapi.... perlu dicatat bahwa itu kandungan dalam coklat murni ya, tanpa tambahan gula/susu/pemanis lainnya alias dark chocolate. Jadi, perlu dilihat kembali produk coklatnya brp % komposisi dark coklatnya. Semakin tinggi % dark coklatnya semakin baik, krn ada kandungan antioksidannya juga yg baik untuk kesehatan jantung. Tapi kalau kebanyakan gulanya... ya malah bisa menimbun lemak, hehe. Tempe juga bagus, selain sbg protein nabati, kandungan isoflavon :)
Semoga jawabannya membantu, ya
Stay healthy!
10:37 08/02/2018