[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Popy Aulia
Maaf, saya mau bertanya. Apakah kelebihan karbohidrat dan kekurangan protein dapat menyebabkan busung lapar?
Contohnya mengonsumsi nasi terlalu banyak tetapi lauk yg sebagai sumber protein hanya sedikit dikonsumsi
01:02 13/03/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak Popy Aulia atas pertanyaannya.
Dalam mengonsumsi makanan, kita seharusnya menerapakan prinsip gizi seimbang, sehingga kebutuhan zat gizi dapat terpenuhi dengan baik.
Mengonsumsi nasi terlalu banyak tetapi lauk sedikit sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kelebihan asupan karbohidrat dan kekurangan asupan protein sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan.
Apabila kelebihan konsumsi karbohidrat tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti penambahan berat badan, diabetes mellitus, dll.
Sedangkan kurangnya konsumsi protein dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan busung lapar kwashiorkor.
Sebaiknya porsi antara karbohidrat dengan protein disesuaikan dengan kebutuhan zat gizi.
Semoga dapat membantu.
09:44 19/04/2020