[Masalah Berat Badan]
Nina Mawarni
Doc, help me please. Berat badan saya 46 kg dan tinggi saya 158cm. Bgaimana cara nya biar berat badan saya naik. Sy tdk ingin konsumsi obat penambah nafsu makan. Mohon sarannya dok.
13:19 10/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.ID
Dari data berat & tinggi badan, status gizi anda adalah kurus (nilai IMT 18,4) sehingga berat badan perlu dinaikkan agar status gizi dapat optimal.
Untuk menaikkan berat badan yang perlu diperhatikan adalah energi/kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih banyak dari energi yang dikeluarkan oleh tubuh.
Energi yang masuk ke dalam tubuh diperoleh dari makanan, sedangkan energi yang keluar dari tubuh digunakan untuk melakukan aktivitas harian. Sehingga agar berat badan naik asupan makanan harus ditingkatkan dengan makan lebih banyak.
Meningkatkan asupan makan dapat dilakukan dengan tiga cara mudah yaitu :
1. Perbanyak porsi makan
Secara bertahap menambahkan porsi saat makan besar (makan pagi, siang atau malam). Misalnya dengan menambah setengah centong nasi dari ukuran biasanya dan atau menambah satu porsi lauk dan sayur. Dengan demikian asupan energi untuk tubuh dapat meningkat.
2. Perbanyak frekuensi makan dan atau ngemil
Semakin sering makan maka asupan makanan juga akan semakin meningkat.
Jika terbiasa ngemil, maka ngemil dapat diusahakan di tiap sela-sela waktu makan.
Jika tidak terbiasa ngemil maka makan besar dapat ditingkatkan menjadi lebih sering dari biasanya. Misalnya terbiasa makan besar 2-3x sehari dapat menjadi 3-4x sehari.
3. Pilih jenis makanan yang tepat
Pilih makanan yang tinggi kalori dan protein seperti :
- Makanan berkarbohidrat seperti nasi, mie basah/mie untuk pangsit, roti tawar, merupakan sumber kalori yang tinggi.
- Makanan yang tinggi protein berasal dari hewani dan nabati seperti telur, daging, ikan, ayam, susu, keju dan tempe, tahu, kacang hijau.
- Saat ngemil dapat ditambahkan bahan makanan yang tinggi kalori & protein seperti : coklat, susu kental manis, selai coklat/kacang, keju dan madu diatas jajanan. Misalnya pisang bakar dengan topping keju dan madu, jus buah dengan tambahan susu kental manis dan topping coklat, atau salad buah dengan tambahan keju yang cukup banyak.
Selain asupan makanan, olahraga juga akan membantu meningkatkan berat badan. Olahraga yang tepat akan menambah massa otot sehingga berat badan dapat meningkat.
Penjelasan lebih lengkap terkait peningkatan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
10:35 19/02/2018