[ASI & Menyusui]
rere sibolang
Selamat malam dok
1. Asi saya mulai seret. Sekali pumping 1 jam bergantian hanya dapat 50 ml. Paling banyak 70ml. Saya pekerja keliling. Untuk makanan sudah saya atur pasti ada nasi, sayur, pronab/prohe. Minum booster daun kelor. Tp kok masih seret juga ya? Anak jarang dbf. Solusinya bagaimana ya dok?
2. Anak saya perempuam usia 8 bln. Bb 7kg. Pb 61 cm. Normal ga ya?
3. Anak saya dibagian lipatan leher merah. Sangat merah. Bahkan sampe lecet di garuk pake tangannya. Itu knp ya dok? Dan solusinya?
Terima kasih
16:26 13/03/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo Moms Rere, Terimakasih telah berkonsultasi ke dieducate. Mohon maaf atas keterlambatannya karena sedang maintenance. Bagaimana kondisi sekarang, apakah masih menyusui ?
1. Agar ASI lancar perlu menstimulasi hormon prolaktin dengan cara menyusui secara rutin. Saat menyusui, otak mengeluarkan hormon prolaktin untuk mengeluarkan ASI, sehingga semakin sering menyusui, semakin sering ASI diproduksi.
Solusinya dengan mempompa ASI saat bekerja 3 jam sekali selama 15 menit, jangan memperdulikan hasilnya untuk di awal2, karena tujuannya untuk merangsang produksi ASI, setelah konsisten biasanya produksi ASI meningkat.
2. Untuk menentukan pertumbuhan Anak, perlu dilihat di KMS, sesuai garis pertumbuhan atau tidak. Butuh data berat badan lahir anak.
3. Untuk kondisi kesehatan Anak, harap segera dikonsultasikan ke Dokter ya moms,
Semoga membantu, terimakasih :)
15:04 09/07/2020