[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya lelaki usia 27thn dengan tinggi badan 160cm dan berat badan saat ini 50kg.
Saya memiliki masalah dengan berat badan yang saya rasa sangat sulit sekali untuk menaikkan beratnya, saya sudah coba berbagai macam cara tapi belum ada hasil yang maksimal. Memang sempat ada perubahan kenaikan berat badan sampai sekitar di angka 55kg saat saya masih aktif olahraga angkat beban itupun dibantu dengan suplementasi yang sampai terakhir sejak november 2017 lalu saya harus stop olahraga untuk alasan medis pasca operasi tympanoplasty dan berat badan saya kembali turun. Padahal sebisa mungkin saya makan teratur dan nutrisi yang cukup protein, karbo dan serat tapi tetap saja perlahan saya merasa bobot tubuh saya semakin turun.
Pertanyaan saya adalah, apa saya ada masalah dengan pencernaan sehingga saya sulit menaikkan berat badan? Atau apa ada yang salah dengan pola makan dan gizi saya, jika iya apa saran terbaik dari dokter?
Apa gen dari orang tua juga pengaruh? Karna Ayah saya memang punya riwayat kurus.
Semoga ada pencerahan dari dokter
Terima kasih
19:11 10/02/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Halo, salam sehat.
Sebelumnya terimakasih sudah berkonsultasi di AHliGiziID, perkenalkan saya Iqbal.
setelah saya hitung Status Gizi Kakak Normal/ Ideal dengan Indeks Masa Tubuh 19.53 kg/m3 (lebih lanjut perhitungan bisa di cek di https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi )
Jadi image kurus itu hanya persepsi saja sebetulnya, pada kenyataanya berat badan kakak tidak ada masalah. pertahankan berat badan antara 54 - 66, meskipun dg berat badan 50 kg saat ini tak ada masalah.
tidak perlu mengkonsumsi suplementasi apapun bila tidak ada indikasi kebutuhan atau penyakit tertentu. cukup konsumsi buah dan sayur yang beraneka ragam (lebih lanjut baca : https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/22/terbaru_terpopuler/Suplemen-makanan-tidak-bermanfaat-untuk-Kesehatan - )
tidak ada pantangan makanan apapun pada post operasi tympanoplasty, hanya saja porsi proteinnya diperbanyak (15% dari kebutuhan sehari), dan sudah saya hitungkan yaitu 86 gram sehari.
sekian jawaban saya, bila ada yang ingin ditanyakan kembali silahkan.
Semoga bermanfaat :-)
22:01 22/02/2018