[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Lusy Arisanti
Bayi makan jantung pisang nanti tumit retak2
Balita makan jengkol nanti kena penyakit tulang
Wanita dewasa makan sayap ayam nanti ditampik orang
Wanita dewasa makan tebu nanti mens tidak lancar
Laki2 dewasa makan rebung nanti kena sakit tulang
Minta tolong penjelasannya mengenai tabu makanan tersebut
05:39 23/03/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak Lusy Arisanti atas pertanyaannya.
1. Jantung pisang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi. Apabila bayi sudah berusia 6 bulan atau lebih, dapat diperkenalkan MP-ASI berupa makanan yang dimulai dengan konsistensi yang ringan, lebih kental, kemudian padat. Contohnya, sayuran ditumbuk, daging ditumbuk, bubur, sereal rendah gluten, biskuit yang dihaluskan dan dicampur dengan susu. Pemberian makanan pada bayi harus bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan pencernaan bayi.
2. Jengkol sebaiknya tidak diberikan kepada balita karena mengandung gas sehingga dapat menganggu perncernaan pada balita.
3. Wanita dewasa yang mengonsumsi sayap ayam akan berakibat ditampik orang merupakan salah satu food taboo. Hal tersebut terkait keyakinan atau suatu kepercayaan. Namun, di dalam bidang kesehatan dan gizi, daging sayap ayam merupakan salah satu sumber lemak yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
4. Air tebu justru dapat mengatasi siklus haid yang tidak lancar. Karena air tebu mengandung kalium, zat besi, fosfor, magnesium, serta vitamin yang baik untuk memperlancar haid.
5. Mengonsumsi rebung pada sebagian orang tidak menimbulkan gejala. Namun pada beberapa orang juga dapat menimbulkan nyeri persendian. Konsumsi rebung yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan beberapa alergi. Rebung yang tidak diolah dengan baik dapat menyebakan resiko kesehatan.
Semoga dapat membantu.
11:04 19/04/2020