[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Saya bertanya dok
Kan saya setaun ini melakukan diet tetapi itu dietnya pakek produk-produk gitu dan saya berhasil turun 5kg awalnya berat badan saya 78 lalu turun 75 dan setelah saya habis 1 box produk itu saya diet sendiri dengan cara makan nasi sehari cuma 1 kali dan tidak nyemil akhirnya berat badan saya turun sampai 58 sekarang ini
Dan setelah berat badan saya ideal pola makan saya kembali lagi normal seperti sebelum diett tidak bisa dikontrol dan akhirnya turun naik terus berat badannya lalu bagaimana cara mengatasinya dok agar berat badan saya tidak naik turun?..
09:27 28/03/2020
anonim
Ralat 73
09:28 28/03/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di aplikasi dietducate. Mohon maaf atas keterlambatannya dalam menjawab karena sedang maintenance. Bagaimana kondisi saat ini apakah sudah membaik?
Penurunan berat badan normal sekitar 1-2 kg dalam 1 bulan maksimal 4 kg dalam sebulan bila diimbangi dengan olahraga yang teratur 4-5x/minggu.
Asupan makan sehari tidak dianjurkan dibawah kebutuhan basal karena bila melakukan diet ekstrim akan menyebabkan sindrom YOYO (Berat badan naik turun secara cepat) yang akan mengakibatkan gangguan kesehatan.
Sarannya :
1. Penurunan berat badan yang sehat, yaitu bertahap 1-2 kg, tidak ekstrim dengan menerapkan pedoman gizi seimbang yaitu makan teratur 3 x (sumber Karbo, lauk nabati, hewani, sayuran dan buah dalam satu kali makan), 2x selingan diganti dengan buah.
2. Olahraga zumba/aerobik 4-5xseminggu durasi 45-60 menit, tanpa diimbangi olahraga, penurunan BB tidak dapat terjadi dengan maksimal
3. Konsumsi air putih 1,5 - 2 liter sehari. Air dapat memetabolisme makanan dengan baik
4. Konsumsi yogurt 1x sehari, yogurt dapat memperbaiki usus
Contoh menu 1600 kkal
Sarapan pagi 06.00 - 09.00 Nasi 1 centong 100 gram, telur dadar 1buah+ sayur pecel, bumbu pecel 1/2 porsi, buah semangka 1ptg
Selingan Pagi : yogurt lowfat 1 cup
Makan siang : Nasi 3/4 centong nasi 80 gr, ikan kakap asam manis 1 potong+sup kacang merah+buncis+wortel 1 mangkok, buah semangka 1 ptg
Selingan sore : buah melon 1 potong
Makan malam : Nasi 3/4 centong 80 gr, pepes kakap tahu+teri 1 bungkus, sayur asem+1 mangkok
Semoga membantu :)
13:29 11/07/2020