[Kehamilan]
Ari Dwi Lestari
Kebutuhan protein ibu hamil
06:33 30/03/2020
Nurul Baro'ah Sarwani, S.Tr.Gz ahligizi
Selamat Sore, Sdri Ari Dwi Lestari. Asupan protein selama kehamilan sangt di perlukan untuk proses pertumbuhan janin. Asupan protein yg kurang selama kehamilan dapat mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR), begitu pula sebaliknya jika asipan protein berlebih selama kehamilan dapat menghambat plasenta dan pertumbuhan janin. Saat hamil, setidaknya 40-70 gram protein setiap harinya (porsi ibu hamil memang lebih besar daripada wanita dewasa pada umumnya). Selain itu, kebiasaan mengonsumsi lebih banyak protein nabati (tahu, tempe, kacang2an beserta olahannya) dibandingkan dengan protein hewani (telur, ayam, ikan, daging, udang) dpt menyebabkan penyerapan zat besi kurang optimal. karena protein hewani mengandung heme yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu harus seimbang mengonsumsinya.
15:22 30/03/2020
Ari Dwi Lestari
Seandainya tidak bisa makan ikan, berarti digantikan bahan makanan yg lain yg penting asalnya dari hewani tidak apa-apa ya?
08:27 30/03/2020
Nurul Baro'ah Sarwani, S.Tr.Gz ahligizi
Tidak apa-apa. Ibu bisa makan sumber protein hewani lainnya seperti telur, ayam, daging, udang, hati.
15:46 30/03/2020