[Lainnya......]
anonim
ayah saya habis operasi haemoroid, 2 dokter menyarankan diet yang berbeda diet rendah serat dan diet tinggi serat. yang benar seharusnya yang mana ya? terimakasih
08:57 15/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.id
- Sebelum operasi hemoroid diet yang diterapkan adalah diet rendah sisa, agar tidak memberatkan pencernaan dan membatasi volume feses. Asupan seratnya termasuk rendah yaitu maksimal 8 gram per-hari.
- Setelah operasi hemoroid diet yang diterapkan adalah diet tinggi serat untuk melatih pencernaan agar segera berfungsi dengan normal. Akan tetapi diet tinggi serat pasca operasi hemoroid umumnya diberikan secara bertahap dari pemberian 8-10 gram serat per-hari dan semakin ditingkatkan hingga 30-35 gram per-hari.
Demikian
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Demikian
Terima kasih, semoga bermanfaat.
13:46 20/02/2018