[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Diet DM yang sudah dibantu menggunakan insulin itu seperti apa?
22:40 06/04/2020
Amalia Puspita, S.Tr.Gz ahligizi
Penerapan diet tetap pada 3J 1. Jadwal makan teratur disesuaikan dengan waktu penggunaan insulin (notes : jangan sampai setelah suntik insulin tidak makan)mengurangi jam makan misal biasanya 3 x jadi 1 x tidak dapat menurunkan kadar gula darah ,ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme karbohidrat ,misalnya hiperglikemia atau hipoglikemi 2. Jumlah : porsi makan teratur bukan berarti makan hanya satu sendok makan nasi agar kadar gula turun. makan seimbang misalnya 1.5 centong nasi merah+ 1 ptg ayam panggang + 1 ptg pepes tahu+ 1 mangkok sayuran (sayurannya yang banyak bukan kuahnya saja) + buah untuk penderita diabetes dianjurkan maksimal 2-3 porsi sehari. Mengurangi nasi dan menambah porsi buah bukan solusi , ingat buah pun memiliki kadar gula yaitu dengan jenis fruktosa ,yang mana tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan . 3. Jenis , pilihlah makanan dengan mengurangi jenis karbohidrat sederhana misalnya kurangi penggunaan gula pasir yang ditambahkan ke makanan, tidak menggabungkan sesama golongan karbohidrat dalam satu kali makan (nasi lauk mie,lauk kentang) konsumsi lebih banyak sayur karna serat membantu menstabilkan gula darah batasi konsumsi buah berlebihan . hindari jerohan,santan,seafood dan makanan ringan serta minuman instan. akan lebih mudah untuk penderita diabetes dengan insulin karna kadar gula akan lebih terkontrol dengan seiring kadar insulin yang masuk akan tetapi bukan berarti bisa makan sebebas bebasnya :)
23:30 09/04/2020