[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Evita Seno
Bagaimana cara berolahraga yang efektif dengan waktu yg sedikit tapi membakar kalori atau membentuk otot dengan baik?
10:06 15/02/2018
Mury Kuswari, SPd, MSi ahligizi
Hallo Evita Seno, apa kabarnya
semoga bugar selalu
Nah olahraga itu sifatnya individu tergantung apa olahraga yg paling digemari, tp kalau bicara latihan membentuk otot dg waktu yg sedikit, saya akan kasi pencerahannya
Untuk melatih otot, yg terpenting adalah terjadi kontraksi otot terhadap beban dengan latihan beban untuk membentuk otot, nah sob yg harus diperhatikan adalah :
1. bebannya harus berat
2. gerakannya slow/perlahan
3. pengulangannya cukup 2-3 repetisi, ulangi 3-7 set (jadi gakkan sampai 10 menit kok sob untuk membentuk otot, kecuali untuk fatloss ini butuh waktu lebih lama)
4. lakukan 3-4x seminggu
ini jawaban untuk membentuk otot
kalau jawaban untuk membakar kalori dalam waktu singkat bisa dilakukan dengan metode HIIT (High Intensity Interval Training)
intinya, mainkan gerakan cepat 1 menit, lambat 1 menit, misalnya lari 1 menit, jalan 1 menit sampai 15-30 menit, ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan hanya jogging/jalan saja
mungkin ini gambaran olahraganya yg saya kasi contoh, ini bisa berlaku untuk olahraga atau gerakan latihan lainnya tergantung pertanyaannya
karena pertanyaannya sangat umum, saya jawab dengan umum juga dengan contoh yg spesifik
semoga bermanfaat,
salam bugar
Mury Kuswari
semoga bugar selalu
1. bebannya harus berat
2. gerakannya slow/perlahan
4. lakukan 3-4x seminggu
ini jawaban untuk membentuk otot
semoga bermanfaat,
salam bugar
Mury Kuswari
12:18 15/02/2018