[Masalah Berat Badan]
anonim
Assalamu'alaikum wr.wb
Perkenalkan nama saya teti, asal brebes
Bu saya mau tanya masalah diet yang cocok untuk saya, jadi berat badan saya 62 kg dan tinggi 148 cm, dan saya memiliki riwayat hipertiroid sejak 1 tahun yang lalu, sebelum mengetahui adanya hipertiroid berat saya 56 kg, setelah mengonsumsi obat hipertiroid malah berat badan tambah naik, dan saya sudah mencoba diet mengurangi jumlah makan dan jenis nya pun bermacam2, olahraga pun saya rajin 2-3 kali seminggu dengan olahraga cardio.
Yang saya tanyakan bu apa kah obat (thyrozol 10 mg dan propanolol 10 mg) yang saya konsumsi mempengaruhi berat badan saya?
Lalu solusi diet yang cocok untuk saya apa yah bu?
Terimakasih
Mohon bantuannya bu
Wassalamu'alaikum wr.wb
01:39 09/04/2020
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
Waalaikumsalam bu Teti. terimakasih sudah bertnya di Dietducate. hipertiroid ini adalah masalah kesehatan yng bisa disembuhkan dengan obat, pola hidup sehat dan juga kesabaran. Karena kelebihan hormon tiroid maka metabolisme tubuh atau kemampuan tubuh memproses makanan menjadi energi seringkali terganggu. Sehingga banyak kasus pasien hipertiroid mengalami penurunan berat badan yang drastis. tidak heran berat badan ibu meningkat karena obat2 tersebut membantu tubuh mencegah penurunan berat badan.
16:31 11/04/2020
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
seperti yang saya bilang . bahwa Hipertiroid kuncinya adalah kesabaran, obat dan pola hidup yang tepat. sehingga ibu Teti sebaikny tetap mengkonsumsi obat tersebut akan tetapi sering juga kontrol. dokter lebih memahami apakah dosis yang dikonsumsi ibu sudah tepat atau tidak. bilang ke dokter tentang keluhan ibu mengenai efek obat yang mengakibatkan obesitas. jangan hentikan obatnya karena jika anda tidak patuh dengan pengobatan hipertiroid maka bisa berakibat krisis tiroid. dan peyembuhannya susah. ingat hipertiroid dapat normal jikalau anda mengkonsumsi obat tepat waktu sesuai jadwal dan sesuai dosis (maka dari itu wajib halnya untuk komtrol rutin)
16:41 11/04/2020
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
untuk diet dan di jalani. sangat bagus anda melakukan senam kardio akan tetapi jangan terlalu lelah cukup 10 menit setiap hari akan tetapi 3 menit pertama pemnasan dan 2 menit pendinginan. di youtube sudah banyak senamnya. atau joging juga bagus. beri jeda jam makan dengan olahraga . sebaiknya olah raga dilakukan setelah bangun tidur minum air putih. olahraga . istirahat 1 jam (mandi dll) baru makan . beri jeda antara makan dan olahraga minimal 1 jam agar tidak timbul perasaan kalap karen kecapaian habis olahraga. biasakan makan tidak dengan beraktifitas lain seperti main hp atau menonton tv agr tidak timbul stimulus kenyang palsu dari otak. batasi konsumsi makan tinggi natrium /garam dari makanan olahan (mie instan, sarden, sosis,naget dll). kalau bisa 1 bulan 1x saja. jangan terlau asin bila memsak. tetapkan jam makan tiap hariny dan tepati. jangan sampai dehidrasi. sebaiknya taati prosedur minum obat
16:51 11/04/2020
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
semoga membantu. jangan lupa untuk memonitoring berat badan tiap minggu nya dan tulis di aplikasi ini agar nda tau progresnya
16:52 11/04/2020