[Masalah Berat Badan]
Izka
Dok, saya ingin menurunkan berat badan karena IMT saya 31 lebih dengan berat badan 75 dan tinggi badan 154. Cara menurunkan berat badan seperti apa yang baik untuk saya ya? Saya berumur 19 tahun. Terima kasih dok.
06:11 17/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.id
Dari data berat & tinggi badan, status gizi anda adalah gemuk (nilai IMT 31,6) sehingga berat badan perlu diturunkan agar status gizi dapat optimal.
Untuk menurunkan berat badan yang perlu diperhatikan adalah energi/kalori yang dikeluarkan oleh tubuh harus lebih banyak dari energi yang masuk ke dalam tubuh.
Energi yang masuk ke dalam tubuh diperoleh dari asupan makanan, sedangkan energi yang keluar dari tubuh digunakan untuk melakukan aktivitas harian. Sehingga agar berat badan turun asupan makanan harus dikurangi dengan tepat dan aktivitas untuk mengeluarkan energi harus lebih banyak.
Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan :
1. Memilih jenis makanan yang tepat
Sebaiknya memilih makanan yang kandungan lemaknya sedikit dan kandungan seratnya banyak (rendah lemak dan tinggi serat)
-Makanan rendah lemak
Pilih makanan atau jajanan yang tidak digoreng dan tidak bersantan kental. Ganti dengan makanan atau jajanan yang diolah dengan metode rebus, panggang, kukus dan lainnya.
- Makanan tinggi serat
Buah dan sayur adalah bahan makanan yang tinggi serat. Perbanyak asupan buah dan sayur saat makan besar (pagi, siang atau malam) dan selalu jadikan buah atau olahannya sebagai pilihan ngemil. Sebaiknya tidak perlu menambahkan gula/susu pada olahan buah misalnya jus buah saja tanpa susu kental manis.
2.Mengurangi jumlah porsi makan secara BERTAHAP
Contoh : mengurangi 100-200 kkal dari terlebih dahulu selama 3-4 minggu. 100 kkal sama dengan = 3/4 centong nasi atau satu setengah butir telur atau dua potong daging/ikan atau dua potong tahu/tempe. Demikian seterusnya dan dapat ditingkatkan pengurangan kalorinya hingga status gizi optimal.
Perlu diingat, dalam menurunkan berat badan tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi dasar tubuh (organ vital dan metabolisme). Sehingga asupan makanan tidak boleh tiba-tiba menjadi sangat sedikit hanya agar berat badan cepat turun.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengurangan asupan makan secara ekstrem memang terbukti menurunkan berat badan tetapi akan sulit untuk mempertahankannya sehingga berat badan biasanya naik lagi.
3. Meningkatkan aktifitas tubuh
Dapat dilakukan dengan olahraga sehingga energi keluar dari tubuh lebih banyak. Olaharaga sebaiknya dilakukan secara rutin dan dapat ditingkatkan secara bertahap durasinya.
Penjelasan lebih lengkap untuk menurunkan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
10:19 20/02/2018