[Masalah Berat Badan]
fia diannita
Saya memiliki tinggi badan 157 dengan berat badan hanya 36,5. Bagaimana cara saya dapat menaikkan berat badan mengingat saya memiliki asam lambung sehingga tidak berani minum susu. Adakah multivitamin yang dapat membantu sy untuk menaikkan berat badan saya?
07:18 13/04/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak Fia Diannita atas pertanyaannya.
Dengan tinggi badan dan berat badan yang telah kakak sebutkan, berat badan ideal yang harus dicapai sekitar 51-63 kg. Untuk mencapai berat badan ideal atau meningkatkan berat badan, kakak harus merubah pola makan, tidak hanya kuantitas tetapi juga kualitas. Kuantitas yang dimaksud adalah jumlah porsi yang disarankan pada isi piringku, sedangkan kualitasnya yaitu dengan mengonsumsi beraneka ragam makanan.
Karena kakak mempunyai asam lambung, maka dapat disiasati dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dengan porsi kecil tetapi frekuensinya sering. Selain itu juga mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah serat, tidak mengandung bahan makanan atau bumbu yang tajam. Kunyah makanan dengan tenang hingga lembut. Karbohidrat dan protein yang cukup dapat membantu menaikkan berat badan. Jangan lupa untuk menjaga aktifitas fisik dan manajemen stess.
Semoga dapat membantu.
07:21 20/04/2020