[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Selamat pagi. Maaf saya mau tanya, saya punya penyakit maag, saya tidak suka sayur, dan buah yang saya suka hanya jeruk, mangga, dan alpukat (dijus). Dengan itu saya masih bisa menjalankan diet atau engga ya? Kalau bisa, prosedur diet seperti apa yang bisa saya jalankan? Terima kasih...
22:21 13/04/2020
Yulvia Puspitaningrum, AMG ahligizi
Selamat siang
Gastritis merupakan keadaan peradangan atau pendarahan di mukosa lambung yang dapat bersifat akut, kronis, difus atau lokal. Terjadinya gastritis salah satunya dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak baik dan tidak teratur yaitu frekuensi makan, jenis, dan jumlah makanan sehingga lambung menjadi sensitif bila asam lambung meningkat. Pada pasien dengan gastritis dianjurkan diet lambung, yang bertujuan untuk menetralkan kelebihan asam lambung dengan memberikan makanan yang adekuat dan tidak merangsang. Syarat dietnya adalah makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna, menghindari makanan yang merangsang lambung seperti asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin, porsi yang diberikan kecil frekuensi sering, dan cara pengolahan yang dianjurkan direbus, dikukus, dipanggang dan ditumis.
Konsumsi buah seperti jeruk dan olahannya dalam kondisi perut dapat menimbulkan asam lambung berlebih. Terima kasih
11:29 14/04/2020