[Lainnya......]
anonim
Izin bertanya kak,,diet yang bagaimana yang cocok untuk penderita obesitas dan DM ya
kak. Dengan usia 45 tahun, dan IMT 30,81.
Kena DM sudah setahun yang lalu, dan konsumsi makanan cukup beragam, hanya saja lebih banyak pada goreng gorengan.
Bagaimana solusinya ya kak,terima kasih
09:02 14/04/2020
Tria Handayani, Amd.Gz ahligizi
terimakasih sudah bertanya di dieteducate. solusinya coba terapkan diet dengan prinsip 3j,(jadwal,jenis,jumlah)
1. makanlah makanan utama 3kali sehari pagi siang dan sore dan selingan 2x. usahakan sarapan pagi sebelum jam 9 dan makan malam/sore 3 jam sebelum waktu tidur agar tubuh dapat mencerna makanan terlebih dahulu.
2. jenis, konsumsi makanan beraneka ragam dengan indeks glikemiks yang rendah seperti beras merah, sayuran, buah buahan (apel, jeruk,dsb) batasi penggunaan minyak, gula, dan garam
3. jumlah, untuk makan pagi 20% dari kebutuhan energi. makan siang dan sore masing masing 30% dan selingan masing masing 10%.
penerapan diet pada penderita DM sangat perlu diterapkan untuk menstabilkan kadar gula darah, jika tidak diterapkan akan menimbulkan faktor resiko penyakit yang lainnya. selain diet, dilakukan juga olahraga minimal 30menit/hari.
20:22 14/04/2020