[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Dosen saya sering mengajarkan bahwa untuk mencegah anemia pada remaja putri dianjurkan mengonsumsi tablet tambah darah 1 kali dalam seminggu, nah, kalo saya mengonsumsi sangobion 1 kali dalam seminggu, apakah diperbolehkan?
17:07 19/02/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Terima kasih telah mengunjungi web kami.
Pencegahan anemia pada remaja putri dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, berimbang dan bervariasi. Terutama perhatikan pada konsumsi sumber protein hewani, karena pada bahan tersebut banyak mengandung zat besi yang baik dalam pembentukan haemoglobin darah.
Selain itu, remaja putri dan wanita usia subur oleh Kementrian Kesehatan (2014) dianjurkan untuk mengonsumsi tablet penambah darah 1x/minggu dan 1x/hari selama haid. Dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet yang sekurang-kurangnya mengandung zat besi elemental sebanyak 60 mg (dalam bentuk
sediaan Ferro Sulfat, Ferro Fumarat atau Ferro Gluconat) dan asam folat 0,400 mg.
Dalam 1 tablet Sangobion mengandung Ferrous Gluconate 250 mg setara dengan 30 mg besi elemental. Oleh karena itu konsumsi 1 tablet 1 kali/minggu penambah darah merk dagang ini belum sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh Kementrian Kesehatan. Untuk memenuhinya, dapat dikonsumsi 1 tablet 2 kali/minggu. Atau jika kamu masih ragu silahkan konsultasikan dengan dokter mengenai dosis yang harus dikonsumsi.
Semoga bermanfaat. :)
09:34 20/02/2018