[Diet Maag (Gastritis)]
Rizqi Puji Rahmawati
Gimana cara atur makan org yg maag?
01:20 19/04/2020
Kuhapsari Yuliarti Pasalina, S.Gz ahligizi
Terimakasih kak Rizqi Puji Rahmawati atas pertanyaannyaðŸ™
maag atau gastritis adalah peradangan mukosa lambung, salah satu penyebabnya karena pola makan yang salah/tidak teratur. Pola makan yang salah meliputi frekuensi, jenis, dan jumlah makanan yang dimakan sehingga lambung menjadi sensitif apabila asam lambung meningkat
1. frekuensi makan adalah jumlah makan yang dikonsumsi. pada saat perut kosong / lapar dan tidak diisi makan maka lambung akan mencerna lapisan mukosa shg menimbulkan rasa nyeri
2. jenis makan, meliputi variasi makanan apa yang dicerna. konsumsi makan pedas berlebih dapat merangsang sistem pencernaan terutama lambung
3. jumlah makanan adalah ukuran makanan yang dikonsumsi. apabila berlebih dapat menyebabkan refluks lambung (asam lambung naik) shg kekuatan dinding lambung menurun dan menyebabkan nyeri
Pada penderita maag dianjurkan untuk makan makanan lunak atau yang mudah dicerta dan menghindari/mengurangi makanan yang dapat merangsang lambung seperti pedas berlebih, keras. kemudian hindari juga makanan yang dapat menimbulkan gas seperti kol, kembang kol, nangka muda.
08:58 19/04/2020