[Masalah Berat Badan]
Rochimatun Nisa
Usia 25th, bb 69 tb 153..kalori yg dibutuhkan sehari2 berapa
13:27 21/02/2018
Finda Sifti Dewi, S.Gz ahligizi
Terima kasih atas pertanyaannya
Target berat badan ideal sesuai BB dan TB anda adalah 47.7 kg. Namun dalam menggapai BB ideal harus bertahap, apabila langsung turun dalam beberapa hari atau minggu maka dampaknya kemungkinan BB dapat kembali seperti semula atau organ yang ada di dalam tubuh belum dapat merespon dengan baik,
Sehingga kebutuhan gizi sehari yang saya sarankan untuk terapi pertama ini adalah kebutuhan gizi untuk BB 58kg, BB ini sudah dapat dikatakan status gizi normal pada ambang atas.
Berikut saran pola makan dalam sehari yang saya berikan sesuai kebutuhan 1892 kkal dengan pembulatan 1900 dengan perkiraan aktifitas fisik ringan :
1. makanan pokok (nasi/kentang/ubi dll): 3 porsi
1. sayur 4 porsi (per porsi sayur sebanyak ukuran gelas belimbing) dan buah 4 porsi
2. lauk hewani (daging ayam/telur dll) : 2 porsi (pilih yang rendah lemak)
3. lauk nabati (tempe/tahu) : 3 porsi
4. batasi konsumsi makanan yang asin, dan berlemak (maksimal 5 buah makanan yang digoreng dalam sehari)
5. konsumsi gula maksimal 2 sdm dalam sehari
6.gantilah camilan dengan buah dan apabila ingin mengonsumi produk makanan dan minuman dalam kemasan maka cek nutrition fact (label gizi) carilah yang rendah kalori dan rendah lemak serta pahami serving size nya
8.minumlah air putih 8 gelas
untuk lebih lanjut memahami arti porsi makan dalam sehari dapat melihat di link ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
Ingat anjuran pola makan diet ini akan berbeda beda setiap orang karena sesuai usia, berat badan, tinggi badan, faktor stress dan aktifitas fisik.
Selain itu lakukan olahraga minimal 3x seminggu. Cobalah melakukan olahraga seperti jump squat, push up, plank, angkat beban, lari dll. karena dapat membantu membentuk otot dan menurunkan lemak yang ada di tubuh
Apabila sudah tercapai BB tersebut, maka silahkan menghitung mandiri dengan menuliskan BB yang diinginkan, (BB yang diperbolehkan adalah antara 44-58kg), berikut link perhitungannya:
https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi #
Harapannya dapat menurunkan berat badan dengan sehat, karena diet ini memang penurunan berat badannya perlahan namun pasti. :)
Diet bukan berati tidak makan ya
Semoga Berhasil Diet Sehatnya :)
Salam Gizi :)
3. lauk nabati (tempe/tahu) : 3 porsi
8.minumlah air putih 8 gelas
Diet bukan berati tidak makan ya
Semoga Berhasil Diet Sehatnya :)
Salam Gizi :)
11:32 22/02/2018