[Lanjut Usia]
Budhi Sebastian
Dear expert,
Ibu saya berusia 72 tahun dan sudah mengalami keaadaan stroke selama 12 tahun dengan kondisi semua kegiatan di atas tempat tidur dan perawatan butuh bantuan orang lain karena lumpuh semua badan.
Saya ingin menkonsltasikan asupan nutrisi terbaik dari makanan sehari untuk beliau apa ya?
Salam
Mira
14:00 21/02/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo Mira,
Kalau boleh tahu apakah saat ini Ibunda ada keluhan susah mengunyah/susah menelan? jika tidak, pemberian makanan sesuai gizi seimbang diperbolehkan, artinya lengkap sumber karbohidrat, sayur buah, protein hewani dan nabati, dan lemak dalam jumlah terbatas. Selain itu jg perlu memperttimbangkan kondisi kesehatan lain yang menyertai, misalnya ibunda ada riwayat hipertensi maka sebaiknya makanan tidak lagi menggunakan garam dapur (mengganti dgn garam rendah sodium), atau jika ada kolesterol juga sudah tidak lagi mengonsumsi makanan sumber kolesterol (goreng2an, penggunaan minyak berulang, kuning telur, daging bebek, jerohan, dll).
Lalu, juga perlu diperhatikan tekstur makanannya, jika ada kesulitan mengunyah/menelan, maka dapat diberikan makanan semi-lunak, tekstur yang agak lembek untuk mempermudah masuknya makanan.
Semoga membantu dan ibunda segera membaik,
Terima kasih :)
16:40 12/03/2018