[Masalah Berat Badan]
anonim
Hi dok, saya shilla, dok sekitar 2 bulan lagi saya mau menikah, saya sudah diet sejak lama untuk persiapan pernikahan saya, tapi akhir akhir ini agak susah turun lagi dok, berat saya sekarang 75 kg tinggi 168 cm, target saya hasil akhir bisa 60 kg tapi sekarang malah susah lagi turunnya, apa yang harus saya lakukan ya dok agar bisa 60 kg dalam 2 bulan?
01:26 26/04/2020
Audy Aprillia, S.Gz ahligizi
Halo Dear Shilla, range berat badan ideal kamu adalah 53.6 - 63 kg. Jika kamu ingin menurunkan ke 60 kg, kamu harus menurunkan 15 kg lagi. Penurunan berat badanyang baik ( WHO dan KEMENKES ) adalah 0,5 - 1,5 kg/minggu, jika dalam 2 bulan kamu bisa menurunkan sekitar 12 kg, penurunan berat badan berlebih akan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari seperti syndrom yoyo atau masalah metabolisme tubuh, jadi diet/pola makan yang saya anjurkan adalah pola makan rendah energi seimbang yaitu makanan yang kamu asup/konsumsi sesuai dengan kebutuhan harian tubuh dan usahakan menghindari makanan tinggi kalori. Hasil perhitungan kebutuhan kalori kamu adalah sekitar 1750 kkal. kamu bisa mencukupi kebutuhan energi/kalori kamu dengan pola makan 3x makan utama dan 2x makan selingan dalam sehari. Kamu bisa mengguanakan porsi makan isi piringku dan pedoman isi piringku 700 kkal ( kamu bisa melihat di google dengan kata kunci " isi piringku gizi seimbang " ). Untuk selingan atau snack kamu bisa mengonsumsi di jam snack pagi 09-10 pagi dan snack siang di jam 15-16 sore usahakan pilihlah makanan rendah kalori, tinggi serat, dan tinggi protein namun rendah lemak ya seperti buah, sayuran, oats, kacang-kacangan non goreng, susu low fat, yogurt low fat dll
07:35 26/04/2020
Audy Aprillia, S.Gz ahligizi
Makanan yang di batasi :
- Sumber Karbohidrat : Gula, cake, kerupuk, donat, roti manis tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, biskuit manis, mie instan, kentang goreng, dan olahan yang di goreng.
- Sumber Protein : ayam dengan kulit, daging babi, sosis, kornet, ikan kaleng, sumber protein yang menggunakan santan kental dan di goreng.
- Sumber Lemak : santan kental, kelapa parut, mentega,margarin, minyak kelapa.
- Sayuran : sayuran dalam kaleng/di awetkan, sayuran yang di olah dengan di goreng atau menggunakan santan kental
- Buah-buahan : buah dalam kaleng, manisan buah, sirup buah manis, keripik buah.
- lainnya: madu, gula batu, gula merah, kecap asin, soda , minuman manis, kental manis, alkohol.
Makanan yang di anjurkan :
- Sumber Karbohidrat : Nasi merah/cokela/shiratake,, jagung, roti gandum, roti tawar, oats/havermout, kentang, umbi-umbian, bihun, makaroni, spagheti, tepung gandum, tepung hunkwe.
- Sumber Protein : susu rendah lemak, yogurt non fat, Ikan, telur, daging merah tak berlemak, ayam tanpa kulit, tahu, tempe, sari kedele, kacang-kacangan tanpa di goreng atau menggunakan minyak berlebih
- Sumber Lemak : alpukat, minyak kelapa sawit, zaitun, minyak biji matahari, santan encer
- Sayuran : semua jenis sayuran yang di olah tanpa menggunakan minyak berlebih atau santan kental
- Buah-buahan : semua jenis buah-buahan
- Lainnya : agar-agar, teh, kopi, dark cokelat
07:36 26/04/2020