[Diet Diabetes Mellitus]
Iwan Reedel
Saya mau tanya makanan yg baik untuk saya, saya terkena dm punya hipertensi dan asam urat juga. Mohon bantuannya
10:32 26/04/2020
Aulia Rahmi, A. Md, Gz. ahligizi
Hallo Bapak Iwan, terimakasih sudah menggunakan dietducate. bahan makanan yang dianjurkan untuk diabetes : 1. Sumber KH sederhana spt nasi, roti, mi, kentang, singkong, ubi, sagu 2. sumber protein spt ikan, daging ayam, susu skim, tempe, tahu, kacang2an 3. asupan serat utamakan serat larut air yang tdpt dlm sayur dan buah. bahan makanan yang tidak dianjurkan (dihindari) : 1. bahan yang mengandung gula sederhana spt gula pasir, gula jawa, sirup, jelly, buah yang diawetkan dengan gula, susu kental manis, minuman botol, es krim, kue2 manis, dodol, cake, fastfood, goreng2an. 2. Mengandung banyak natrium spt ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan.
begitu juga untuk hipertensi, bapak sebaiknya kurangi asupan garam, asupan tinggi natrium, jangan menggunakan dan mengkonsumsi MSG. untuk gout arthritis /asam urat, hindari makanan yang mengandung tinggi purin. 😊
18:32 26/06/2020