[Lainnya......]
anonim
Dok, saya mau nanya bagaimana jika seseorang sudah kebiasaan mengonsumsi teh dan dibarengi waktu makan apakah zat gizi dari makanan tersebut dapat terserap? akan tetapi kebiasaan itu susah untuk dihilangkan, mohon solusinya. Terima kasih dok.
18:58 23/02/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Terima kasih telah mengunjungi web kami dan bertanya.
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi teh sangat baik untuk kesehatan, karena teh banyak mengandung antioksidan seperti katekin dan polifenol yang baik dalam pencegahan penyakit atherosklerosis, jantung koroner, kanker dan kegemukan.
Namun, jika konsumsinya dilakukan bersamaan dengan makanan maka komponen dalam teh dapat mengikat sebagian protein dan mineral tertentu sehingga tidak dapat diserap sempurna. Terutama pada jenis zat besi nonheme (zat besi dari sumber nabati). Sehingga meminum teh bersama makanan tidak dianjurkan terutama pada jenis sayuran dan lauk nabati.
Untuk mengantisipasinya, beri jarak minum teh dan makan anda minimal 2 jam saat makan dengan jenis bahan makanan tersebut.
Jika memang kebiasaan tersebut susah dihilangkan, coba secara perlahan kurangi kadar teh dalam minuman, dari yang biasanya hitam pekat menjadi semakin jernih. Setelahnya, biasakan mengonsumsi air putih setelah makan, atau juga bisa diganti dengan sari buah jeruk yang kaya vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat gizi tersebut.
Semoga berhasil::)
11:13 27/02/2018