[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Dok, saya ingin bertanya bagaimana dengan anak usia 7th yang aktif(banyak gerak) dengan asupan makannya (zat gizi)
sudah terpenuhi, tetapi BB nya tidak pernah naik. mohon solusinya, terimakasih dok.
19:04 23/02/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Terima kasih telah mengunjungi web kami dan bertanya.
Kebutuhan gizi pada anak usia 7 tahun kurang lebih 1850kalori/hari dengan aktifitas normal (AKG,2013). Energi tersebut setara dengan 4 1/2 porsi nasi, 3 porsi sayuran, 3 porsi buah, 3 porsi lauk nabati, 2 porsi lauk hewani, 1 porsi susu, serta 5 porsi minyak dan 2 porsi gula yang terkandung dalam makanan/minuman (PGS, 2014).
Jika aktifitas anaknya lebih tinggi, maka porsi makan di atas harus ditambah agar pertumbuhan berat badan dan tinggi badan tidak terhambat. Untuk meningkatkan kalori dapat diberikan snack atau makanan tambahan dengan densitas energi yang tinggi misal: biskuit, cake, roti dan makanan yang berbahan santan, susu, telur serta mentega.
Coba sesuaikan dengan porsi di atas dan tambahkan jika perlu. Selain itu, jangan lupa berikan obat cacing 6 bulan sekali ya.
Semangat mencoba. Semoga berhasil :)
11:35 27/02/2018