[Bayi & Balita]
Sonia Angela tarigan
Makanan apa yg harus dikonsumsi pada anak yang sedang sakit steps?
01:31 29/04/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Trmksih atas pertanyaannya sobat gizi:
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang mudah dicerna agar tidak memperberat kerja sistem pencernaan.
Lalu, makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat anak demam/steps?
1. Buah-buahan
Buah terutama yang memiliki tekstur yang mudah dicerna.Di samping itu, buah juga mengandung banyak vitamin yang dapat mempercepat proses penyembuhan.Pisang, semangka, melon yang memiliki kadar air tinggi serta membantu menormalkan suhu tubuh.
2. Sup Ayam > Jenis makanan ini kaya protein. Bila dicampur rempah-rempah, sup ayam dipercaya mengembalikan nafsu makan yang berkurang. Ayam memiliki kandungan asam amino yang disebut cysteine yang membantu mencairkan lendir di paru-paru. Sup ayam juga membantu saluran pernapasan lebih lega, dan mengatasi peradangan pada tenggorokan.
3. Bubur ayam > Mengonsumsi bubur ayam ketika demam, sangat membantu mengurangi suhu tubuh yang meningkat. Bubur ayam juga sangat lunak dan begitu mudah dicerna sehingga tidak akan memberatkan sistem pencernaan.
4. Air kelapa muda > Banyak mengandung mineral, di antaranya adalah kalium. Di saat suhu tubuh meninggi, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, untuk menurunkan kondisi suhu tubuh ketika panas dan untuk menggantikan keringat yang banyak keluar, sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa.
#Trimksih
09:17 04/07/2020