[Lainnya......]
Avifah Alkaff
Makanan yg boleh dan tidak boleh untuk pasien hepatitis
11:29 08/05/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Trmksih u/ prtnyaannya k:
Mknn yg boleh dimakan & yang harus dihindari pasien hepatitis yaitu:
Makanan & mnmn yg harus dihindari meliputi
1. Alkohol
Semua orang sudah tahu bahwa alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan hati karena terlalu keras untuk dicerna. Baik penderita hepatitis atau bukan, sebaiknya menghindari diri untuk mengkonsumsi alkohol.
2. Gandum dan Gluten
Gluten itu bisa menyebabkan inflamasi karena sulit untuk dicerna. Sementara itu, gandum yang digunakan untuk membuat terigu sudah dimodifikasi secara genetik, sehingga menjadi gandum yang tahan terhadap pestisida. Hal tersebut membuat makanan tersebut susah dicerna dan juga bisa menyebabkan inflamasi.
3. Mengurangi Makanan Junk Food
Meski enak, tubuh tidak memperoleh nutrisi apapun dari makanan ini. Bahkan, kebanyakan junk food mengandung bahan-bahan yang seharusnya kita hindari, termasuk lemak, gula, dan bahan-bahan kimia serta aditif. Tentunya, makanan ini bisa semakin merusak hati.
4. Minyak yang Terhidrogenasi
Minyak dengan label terhidrogenasi, termasuk margarin dan mentega juga merupakan produk yang sulit dicerna hati. Sebagai alternatif, gunakan minyak zaitun atau minyak biji rami.
5. Produk Olahan Susu
Produk olahan susu itu sangat sulit dicerna. Apalagi, orang yang menderita penyakit hati lebih rentan terkena infeksi bakteri usus kecil, ketimbang mereka yang memiliki hati sehat. Penderita hepatitis juga memiliki risiko terkena gejala intoleransi laktosa.
6. Jus Buah
Jus buah mengandung konsentrasi gula yang tinggi. Gula tidak baik untuk hati yang rusak, selain mengganggu proses pencernaan, gula juga mendukung perkembangan virus hepatitis. Penderita hepatitis boleh mengkonsumsi gula, namun dalam jumlah terbatas.
Dan berikut makanan yg diperbolehkan u/ pasien hepatitis:
-Kacang-kacangan
-Sayur-sayuran, seperti brokoli dan kol. Namun, batasi konsumsi kentang
-Rumput laut
-Jus sayuran
-Buah-buahan seperti apel, alpukat, dan lemon
-Rempah-rempah
Bawang putih dan bawang bombay
-Teh herbal
Saat terkena hepatitis, usahakan pasien mengonsumsi makanan yang bersifat ringan sebanyak 4 kali sehari. Selain itu, makanlah dengan perlahan dan jangan terburu-buru.
Untuk menambah rasa makanan, bisa menambahkan garam. Namun, pastikan tidak memiliki tekanan darah tinggi dan tubuh tidak memiliki masalah penahanan cairan. Jika kondisi tubuh tiba-tiba merasa lelah, kemungkinan besar itu pertanda pasien mengonsumsi makanan yang salah atau terlalu banyak makan. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk berbaring sejenak.
#trmksih
13:09 06/07/2020